Bonari Nabonenar

Penulis cerita: Cinta Merah Jambu, Semar Super, Mimpi dan Badai. Kini ikut keroyokan memanjangkan umur: nggalek.co...

Selengkapnya

Cerpen dengan Humor Tingkat Dewa

Sungguh susah menahan tawa saat membaca cerpen-cerpen Iwan Simatupang. Begitu pula ketika membaca novelnya. Saya sangat menyukai gaya Iwan bertutur, dan tidak begitu peduli dengan filosofi yang diusung dalam kisah-kisah rekaannya.

Sungguh berbeda, misalnya, jika dibandingkan dengan berhadapan dengan karya-karya PAT, yang cenderung membuat dahi berkerut sepanjang cerita. Membaca karya-karya Iwan Simatupang, bukan hanya akan menemukan bahan peledak tawa di hampir setiap halamannya, bahkan juga umpatan penuh kebahagiaan!

Tetapi, jangan lupa, karya-karya Iwan Simatupang juga ampuh dipakai untuk membuktikan bahwa lain kepala lain tafsirannya, atas sebuah teks yang sama. Buktinya, di antara sekian banyak orang yang tak henti-henti meledakkan tawa dan umpatan kebahagiaan, tidak sedikit pula yang berkomentar, cerita berbelit-belit begini, di mana sih, lucunya?

Salah satu cerita pendek Iwan yang masih saya ingat alurnya adalah "Revolusi" termuat dalam buku kumcernya, "Tegak Lurus dengan Langit" yang disunting oleh Dami N Toda.

Alih-alih berkisah tentang pergolakan politik atau pergantian sistem bernegara secara drastis, cerpen "Rrvolusi" berkisah mengenai seorang siswa SD kelas rendah yang hendak berangkat ke sekolah. Alkisah, ketegangan hebat terjadi manakala "burung pipit" si anak terjepit resleting saat mengenakan celana seragamnya.

Lah, apa hubungannya dengan revolusi? Sepertinya, ini:

Seperti halnya anu kejepit resleting, revolusi itu ditarik maju sakit, ditarik mundur juga sakit.*

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hehe...

10 Jul
Balas

Segar ceritanya, ada genit-genitnya juga haha.. makasih pak Bonari, ditunggu postingan berikutnya.

11 Jul
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali